harga burung pelatuk

Daftar Harga Burung Pelatuk Terbaru

Posted on

Ketika teringat burung pelatuk, biasanya orang akan teringat pada kemampuannya yang sering mematuk kayu, dimana kemampuannya tersebut mampu melobangi pohon yang digunakan untuk membuat sarang dan juga digunakan untuk mencari mangsa untuk makan.

Selain itu, suara kicauan yang unik dari burung pelatuk cukup digemari dari kalangan kicaumania Indonesia. Namun , dari sekian banyaknya jenis burung pelatuk, hanya ada beberapa jenis saja yang cukup banyak peminatnya, seperti burung pelatuk bawang, burung pelatuk ulam dan juga burung pelatuk merah.

Di bawah ini, kami akan memberikan infoirmasi tentang daftar harga pelatuk yang bisa anda jadikan sebagai referensi jual beli burung pelatuk. Namun , sebelum melihat list harga pelatuk di bawah ini, anda sebaiknya sudah mengetahui tentang cara memilih burung pelatuk yang benar, karena jika anda membeli burung pelatuk yang tidak berkualitas, burung sakit, maka bisa menjadi kerugian tersendiri bagi anda.

Cara Memilih Burung Pelatuk

Biasanya, ketika orang ingin membeli burung akan memperhatikan kesehatan fisik dan juga kemampuan berkicau, jika burung tersebut merupakan jenis burung kicauan. Secara umum, orang tentunya akan memilih burung yang memiliki fisik yang lengkap atau tidak memiliki cacat sedikitpun, memilih burung yang memiliki nafsu makan yang baik, aktif bergerak dan lain sebagainnya.

Namun, hal tersebut tidaklah cukup untuk melihat burung tersebut memiliki kesehatan yang baik, maka penting juga untuk mengetahui tentang melihat ciri-ciri burung sakit, karena dengan begitu anda bisa melihat dari berbagai macam hal, agar ketika membelinya tidak salah.

Ciri-ciri burung sakit biasanya terlihat jelas di bagian fisiknya, dan berikut adalah ciri-cirinya :

download suara burung

  • Burung terlihat lesu dan sering menutup matanya
  • Nafsu makan menurun
  • Sering bergetar di bagian tubuhnya, terutama bagian sayapnya terlihat jelas
  • Bulu di sekitar kepala jingkrak
  • Sayap terkulai
  • Burung lebih sering minum
  • Burung banyak diam dan tidak lincah
  • Bulunya sering mengembang, kusut dan tidak rapih
  • Kotorannya menempel dibagian bulu kloakannya ( bulu bagian dubur kotor oleh kotorannya )
  • Kotorannya cair
  • Nafas burung tidak teratur dan sering membuka paruhnya, seperti kepanasan

Nah, bagaimana ketika anda sudah membeli burung dalam keadaan tidak fit atau dalam keadaan sakit, ya tinggal di kembalikan saja pada pemilik sebelumnya, kalau bisa, dan kalau tidak bisa, mau tidak mau anda harus merawat burung sakit tersebut hingga sembuh kembali, karena kalau mati anda mengalami kerugian tentunya.

Baca Juga : 4 Hal Penting Cara Merawat Burung Yang Tepat 

Untuk mengatasi burung sakit anda harus melakukan perawatan yang tepat, seperti memberikan obat khusus burung sakit yang bisa di beli di kios burung, suplemen Vitamin, mengatur pola makan, membersihkan kandang dan lain sebagainya. Asalkan burung mau mengkonsumsi makanan yang cukup, ditambah memberikan asupan suplemen dan perawatan lainnya, lambat laun burung akan kembali sehat, dan jangan tunggu hingga sakitnya parah tentunya.

Daftar Harga Burung Pelatuk Terbaru

Jenis Burung PelatukHarga Burung pelatuk
Burung Pelatuk Ulam DewasaRp = 300.000 – 500.000
Burung Pelatuk MerahRp = 400.000 – 600.000
Burung Pelatuk BawangRp = 600.000 – 800.000