harga burung puyuh

Daftar Harga Burung Puyuh Terbaru

Posted on

Burung puyuh sering di pelihara oleh para peternak sebagai penghasil telur dan burung puyuh jenis pedaging. Dan biasanya pula burung ini di pelihara bukan untuk burung kicauan maupun burung hias.

Namun, apapun minat anda untuk membeli burung puyuh, maka sebelumnya mengetahui terlebih dahulu dari kebutuhan anda tersebut,karena biasanya secara umum, burung puyuh di bagi menjadi 3 jenis, burung puyuh penghasil telur, burung puyuh pedaging dan burung puyuh untuk pembibitan.

Dalam hal ini tentunya harus menyesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri dan melihat ciri-ciri lain yang penting untuk di ketahui, agar hasil yang nantinya akan di dapatkan, bisa menghasilkan yang berkualitas seperti yang di inginkan.

Jadi, sebelum melihat daftar harga puyuh pada penjelasan di bawah ini, maka simak terlebih dahulu tentang cara memilih burung puyuh yang tepat.

Cara Memilih Burung Puyuh Berkualitas

  1. Bibit dari peternak

Alangkah baiknya, jika ingin membeli burung puyuh, pilihlah  burung yang di dapat dari peternak. Namun , apapun pilihan anda, yang penting adalah anda sudah mengetahui track record nya.

Akan tetapi lebih di sarankan di beli dari peternak yang sudah pengalaman atau sudah lama beternak burung puyuh dan menghasilkan bibit-bibit yang berkualitas, meskipun harga puyuh dari peternak lebih mahal dari pasar.

Lebih mahal bukanlah soal, karena membeli dari peternak yang sudah sering menghasilkan bibit berkualitas, maka hasilnya akan memuaskan.

Baca Juga : Pakan Tambahan Untuk Burung Pemakan Biji-bijian

  1. Umur Bibit 3 Minggu

Pemilihan bibit sebaiknya hindari untuk membeli yang sudah tua atau yang terlalu muda, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas telur yang akan di hasilkan.

download suara burung

Burung terlalu tua, kerap kali banyak di jual di pasar, jadi jika anda seorang pemula yang masih belum mengetahui umur burung puyuh,sebaiknya lebih teliti lagi, dan jangan sampai tertipu oleh oknum penjual.

  1. Ciri Fisik

Untuk ciri fisik burung puyuh unggul sebenarnya cukup mudah saja, salah satunya memiliki bentuk tubuh yang tidak cacat, bentuk tubuh sempurna, memiliki bulu yang cerah dan mengkilap, lincah dan aktif bergerak atau tidak banyak diam.

  1. Jantan dan betina

Dari sebagian anda, mungkin hanya ingin membeli calon indukan yang berbeda-beda, seperti ingin membeli banyak betina dan hanya beberapa pejantan. Maka berikut adalah cara mengetahuinya :

  • Terdapat benjolan di bagian pantat untuk puyuh jantan, seadngkanpuyuh betina tidak memilikinya
  • Fostur tubuh betina lebih besar dari jantan
  • Jantan burung puyuh suka bekokok dan betina puyuh tidak berkokok
  • Warna bulu dada betina seperti warna sawo matang dan pejantan memiliki bercak dan garis di bagian bulu dadanya

Daftar Harga Burung Puyuh Terbaru

Jenis Burung PuyuhHarga Burung Puyuh
Burung Puyuh JantanRp = 15.000
Burung Puyuh BiasaRp = 15.000 – 25.000
Burung Puyuh PetelurRp = 10.000 – 30.000
Burung Puyuh DewasaRp = 20.000 – 25.000