ciri-ciri cencet siap lomba

Ciri-ciri Burung Cendet Siap Lomba dan Cara Mempersiapkannya

Posted on

Ciri-ciri Burung Cendet Siap Lomba  – Mempersiapkan burung cendet untuk lomba memang ada beberapa perhitungan waktu yang penting untuk di ketahui oleh pemilik burung terhadap burung peliharaanya tersebut, karena jika ingin melombakan burung maka harus memperhatikan burung tersebut sudah siap lomba atau tidak.

Hal yang paling mendasar namun penting, bukan hanya untuk burung cendet saja sebenarnya, adalah memperhatikan top Form, dimana kondisi ini burung dalam kesehatan yang segar bugar, birahi stabil tinggi sehingga rajin berkicau.

Ciri-ciri Burung Cendet Siap Lomba

Sebelum mambahas tengan cara mengetahui ciri-ciri cendet siap lomba dan mempersiapkannya, lebih baik ketahui terlebih dahulu perilaku burung cendet ketika di alam liar.

Pada saat di alam liar, burung cendet yang memiliki kondisi fisik top Formnya biasanya memiliki birahi yang tinggi ( biasanya masuk ke kondisi siap berkembang biak ) dan kondisi fisiknya dalam kondisi yang sangat fit.

Baca Juga : Ciri-ciri Cendet Madura Lengkap dengan Suara dan Kelebihannya

Dengan kondisi seperti itu, burung cendet akan rajin berkicau dan merayu cendet betina incarannya dan bersaing dengan cendet jantan lainnya untuk mendapatkan calon pasangannya.

Begitu juga dengan cendet betina, biasanya akan membalas suara kicauan cendet jantan dan mengiringi suara kicauannya, maka tidak heran, burung cendet betina memiliki suara kicauan yang cukup bagus juga dan bahkan cukup banyak juga burung cendet betina jawara.

Top Form Pasca Mabung

Masa mabung merupakan masa istirahat burung dalam berbagai kondisi aktifitas, termasuk lomba dan burung harus di simpan untuk beristirahat dan mempersiapkan tubuhnya untuk proses perontokan bulu lama dan pertumbuhan bulu baru.

Setelah masa mabung selesai 1 – 30 hari lamanya, di waktu tersebut merupakan waktu prakondisi, dimana setelah melewati prakondisi tersebut kondisi burung sangat fit dan waktu yang tepat untuk di bawa ke tempat lomba.

Kapan waktu yang Tepat untuk Membawa Cendet Lomba ?

Untuk memilih waku yang tepat untuk membawa cendet lomba adalah setelah 30 hari burung selesai mabung, dan tentunya faktor penunjang untuk stamina dan kesehatan burung harus di jaga, seperti perawatan dan mengatur pakan yang tepat takarannya.

Lihat Juga : Download Suara Burung Cendet Mp3 ( Gacor, Isian, Tembakan, Ngerol, dll )

Pada masa Top Form tersebut bisa bertahan selama 3 – 4 bulan lamanya, dan tentunya tergantung pakan dan perawatan, jika tidak di rawat dan tidak mendapatkan asupan pakan yang tepat, bisa saja 1 -2 saja Top Form burung cendet tersebut sudah hilang.

Ciri-ciri cendet yang memiliki kondisi Top Form adalah dengan sifatnya yang lebih agresif dan semakin rajin berkicau dan penampilan bulunya akan lebih mengkilap dan sebagian bulunya akan menghitam warnanya.

Ciri-ciri Pentet Siap Lomba

Selain dari warna bulu yang lebih mengkilap dan lebih terlihat agresif dan lebih rajin berkicau dari biasanya, ada ciri-ciri lainnya yang dimana bahwa cendet tersebut siap di lombakan.

  1. Sayap rapat dan Ekor Menumpuk

Seperti yang banyak kicaumania “ sepakati “, bahwa ciri pentet yang siap dilombakan dengan melihat sayapnya, dimana sayapnya menyilang dan rapat.

Selain itu ekor pentet yang siap lomba juga akan terlihat menumpuk, dan terlihat menyerupai angka satu.

Dalam hal penilaian burung dan unggas yang memiliki sayap yang mengapit rapat merupakan ciri burung dalam keadaan fit, sedangkan ciri burung cendet yang sedang sakit memiliki sayap yang telihat turun dan melebar kebawah.

Namun, dengan demikian, dengan ciri-ciri penilaian tersebut, tentunya burung cendet yang sayapnya sering rapat dan mengapit, burung sudah di pastikan dalam keadaan kondisi yang sehat.

  1. Muntahan Burun Cendet

Salah satu kebiasaan burung cendet adalah sering membuang makanan, dalam hal ini merupakan hal yang ilmiah ketika makanan yang di konsumsi oleh burung cendet tidak di cerna, dan burung akan mengeluarkannya.

Ciri-ciri burung pentet yang siap lomba memiliki bentuk muntahan pakan yang berpbentuk lonjong dan padat.

  1. Kotoran Burung Cendet

Salah satu ciri pentet siap lomba juga bisa di lihat dari bentuk kotorannya, dimana dalam keadaan sehat atau Top Form, maka burung cendet memiliki kotoran yang berbentuk padat kecil-kecil.

  1. Intensitas Kicauan Cendet

Untuk menilai dari sisi kicauan apakah cendet tersebut siap di lombakan atau tidak itu tergantung karakter bawaan burung sendiri.

Karena ada burung yang jarang bunyi, namun di dekatkan dengan cendet lain menjadi rajin bunyi dan ada juga cendet yang lebih rajin berkicau dari biasanya.

Namun, jika dari suaranya sulit mengetahui apakan cendet siap lomba atau tidak, maka bisa dengan melihat ciri-ciri lainnya seperti yang telah kami sampaikan di atas penjelasannya.

Cara Mempersiapkan Cendet Lomba

Untuk memersiapkan cendet untuk lomba, bisa di mulai dari H-3, dan untuk setingannya nantinya di sesuaikan saja dengan karakter burung dan kondisi lingkungan.

Karena setiap burung cendet dalam perawatannya memiliki kondisi lingkungan yang berbeda pula, sehingga hasil dari perawatannya akan berbeda pula.

Jadi, tidak perlu khawatir tentang perawatannya, yang penting percaya diri saja untuk mencari setingan yang tepat untuk cendet peliharaan kamu.

Kesimpulan:

Itulah ciri-ciri burung cendet siap lomba yang bisa kicaumania.net bagikan untuk di ketahui, dan untuk melihat apakan cendet siap lomba atau tidak bisa melihat dari bulunya lebih mengkilap dan ciri-ciri lainnya yang telah kami sampaikan penjelasannya di atas.

Baca Artikel Lainnya dari Kicaumania.net di Google News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *