cendet macan

Ciri-ciri Cendet Macan, Suara Kicauan dan Kelebihannya

Posted on

Ciri-ciri Burung Cendet Macan dan Suara Kicauannya – Burung cendet memiliki 28 jenis yang ada di seluruh dunia, dan salah satunya adalah burung cendet macan yang memiliki nama ilmiah tiger shrike ( anius tigrinus ) atau ada yang menyebutnya juga dengan nama seperti cendet loreng/pentet loreng.

Cendet macan ini meskipun ada yang memelihara, namun sebenarnya cendet ini bukan berasal dari indonesia.

Habitat asli dari pentet macan ini berasal dari Asia timur dan kawasan Siberia ( wilayah timur laut rusia ) , jepang, korea dan chia tengah, dimana pada saat musim dingin tiba akan bermigrasi ke negara lain, seperti ke asia tenggara, salah satunya ke Indonesia.

Perbedaan Cendet Macan dan Cendet Lainnya

Cendet memiliki beberapa jenis dan memiliki penampilan yang sangat mirip, berbeda halnya dengan cendet macan ini, dimana memiliki tubuh seperti bulu macan agar terlihat samar-samar, sehingga dari warna bulunya tersebu diberikan julukan tiger shrike.

Habitat Cendet Macan

Pada saat hidup di alam liar, cendet macan biasa tinggal di sekitar pertanian, pinggiran hutan dan pepohonan rindang, dan pada saat musim dingin akan datang, burung ini akan bermigrasi dari tempat asalnya ke tempat lain yang kondisi cuacanya yang tidak terlalu dingin, termasuk ke indonesia.

Untuk pada bulan agustus – september cendet macan akan bermigrasi, dan untuk beberapa cendet lainnya yang berada di kawasan Asia timur dan Siberia migrasinya pada bulan Oktober – November.

Baca Juga : Ciri-ciri Cendet Madura Lengkap dengan Suara dan Kelebihannya

Pada saat kapan memutuskan kapan akan bermigrasi, biasanya cendet macan memiliki “ sinyal alami “ dan salah satu caranya dengan mengikuti arah tiupan angin , biasanya tiupan angin tersebut akan ke selatan, tepatnya di asia tenggara seperti negara Filipina, vietnam, Laos, Myanmar, Malaysia, Thailand dan Indonesia.

Untuk di Indonesia sendiri, cendet macan ini biasa tinggal di sekitar sulawesi, Bali dan pulau jawa.

Dan pada saat musim tiba di habitat asalnya, cendet macan ini akan kembali sekitar pada bulan mei dan juni.

Perbedaan Cendet Macan Jantan dan Betina

Untuk mengetahui ciri-ciri cendet macan jantan dan betina yang bisa dengan mudah untuk mengetahuinya, namun perlu di ketahui ciri fisik tubuh cendet betina dewasa dan cendet yang masih muda memiliki fisik yang sangat mirip, seperti warna coklat dan warna abu-abu pada tubuhnya.

Ciri-ciri Cendet Macan Jantan Dewasa

  • Bulu kloaka bewarna putih
  • Bagian perut dan dadanya, warna bulunya putih
  • Memiliki topeng yang bewarna hitam
  • Warna bulu kepalanya abu-abu

Baca Juga : Ciri-ciri Burung Cendet Siap Lomba dan Cara Mempersiapkannya

Karakter Cendet Macan

Seperti burung cendet pada umumnya, cendet macan ini memiliki karakter sifat yang sangat agresif, meskipun ukuran tubuhnya kecil.

Sifat agresif tersebut biasanya akan muncul untuk menjaga wilayah teritorialnya untuk mengusir hewan dan burung lainnya yang berada di dekat wilayahnya tersebut, dan biasanya cendet macan ini memiliki kebiasaaan menancapkan mangsanya di tanaman atau batang pohon yang berduri.

Selain digunakan untuk menandai wilayahnya dengan cara cara menamcapkan mangsanya di duri batang pohon tersebut, cara tersebut juga di gunakan untuk memudahkan merobekan tubuh mangsanya dan juga untuk membantu dalam menetralisir racun pada hewan mangsaannya agar bisa di makan, dan menyimpannya selama 1 – 2 hari,  seperti belalang beracun.

Suara Cendet Macan Mp3

Suara teritorial dari cendet macan ini terdengar sangat kencang dan keras dan bahkan di beberapa negara lainnya sering menyebut, suaranya mirip seperti senapan.

Suara panggilan dari cendet macan ini terdengar cukup keras, terlebih lagi ketika mengeluarkan suara teritorial atau suara alarm sebagai tanda peringatan musuhnya, dimana suaranya bisa terdengar sejauh 10 – 20 meter, dengan suara yang berulang-ulang.

Suara Cendet Macan variasi 1 | Download

Suara Cendet Macan variasi 2 | Download

Perkembangbiakan Cendet Macan

Cendet ini biasanya hanya melakukan monogami saja, meskipun ada beberapa cendet lainnya yang melakukan poligammi.

Dimana, ketika musim kawin datang, cendet macan jantan akan mencari perhatian cendet macan betina incarannya dengan menunjukan hewan hasil tangkapannnya yang di tancapkan pada duri batang pohon atau ranting.

Dan jika cenedt macan betina menerima jantan cendet macan tersebut, maka burung akan segera kawin dan membangun sarang yang terbuat dari ranting pohon dan rumput dengan membentuknya seperti cangkir.

Telur yang dapat di hasilkan dari cendet macan ini bisa bertelur sebanyak 3 – 6 butir telur dengan mengeraminya selama 14 – 16 hari telur sudah menetas dan indukannya akan mengasuh dan memberi makanan.

Pada umur 2 minggu, cendet macan sudah bisa makan sendiri, namun belum bisa meninggalkan sarannya, dan ketika sudah berumur 1 bulan, baru cendet anakan tersebut sudah bisa meninggalkan sarangnya sendiri dan belajar mencari makanannya sendiri.

Itulah beberapa informasi seputar burung cendet macan mulai dari suara, karakter, perbedaan cendet macan jantan dan betina, ciri-ciri dan beragam informasi lainnya yang kicaumania.net bagikan untuk pecinta jenis cendet ini.

Baca Artikel Lainnya dari Kicaumania.net di Google News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *