cara merawat burung merpati dengan baik

Cara Merawat Burung Merpati Balap dan Kipas Dengan Baik

Posted on

Pernah mendengar istilah jinak-jinak burung merpati ? ya, burung yang satu ini memiliki karakter yang terlihat jinak , namun ketika seseorang yang ingin menangkapnya tentu lah tidak mudah.

Dari jaman dulu hingga saat sekarang burung merpati merupakan hewan yang memiliki peminatnya sendiri, jika burung lainnya di pelihara untuk kicauannya dan mengkitu lomba kicaauan, akan tetapi burung merpati di perlihara untuk di ikut lomba terbang, entah itu yang di nilai dari variasi terbang, atau kecepatan terbang dari burung tersebut dari satu lokasi yang telah di tentukan.

Untuk merawat burung merpati tidaklah serumit dari burung lainnya, karena burung ini terbilang bersahabat dengan manusia, dengan kecerdasan yang dimilikinya. Contohnya , burung merpati akan mudah menemukan lokasi tempat tinggalnya ketika di terbangkan di lokasi bukan tempatnya tinggadan dapat dengan mudah menemukannya .

Namun, bagi seorang yang masih pemula yang ingin memelihara burung tersebut, akan mengalami kebingungan cara merawatnya dengan tepat. Maka dari itu penting untuk diketahui untuk mengetahuinya ari penjelasan di bawah ini.

Cara Merawat Burung Merpati

burung merpati jantan

Gambar burung merpati jantan

Sebelum temen-temen memelihara burung peliharaan ini, maka sebaiknya memperhatikan karakteristik dari burung merpati yang bagus untuk di pelihara.

  1. Perhatikan Kesehatan Burung

Kesehatan merupakan hal yang pertama untuk di perhatikan sebelum temen-temen beli di pasar burung, sebelum membelinya di pasar.

Anda bisa dengan memperhatikan beberapa burung merpati yang ada, dengan melihat ciri-cirinya, seperti memiliki ke aktivan yang lebih dominan dari yang lainnya.

Dengan meilihat ciri-ciri tersebut, maka bisa dikatakan burung tersebut memiliki kualitas yang baik dari yang lainnya, dan lebih berkualitas.

gambar burung merpati

Gambar Burung merpati

  1. Memilih pejantan dan betina yang berkualitas

Jika , bagi temen-temen yang ingin memelihara burung merpati dan ingin mengembangbiakan, maka bisa dengan memilih karakteristik fisik yang dimiliki dari burung merpati jantan dan betina yang berkualitas.

Ciri-ciri  burung merpati yang berkualitas bisa dilihat dari fisiknya dengan memiliki dada yang lebih besar, padat dan berisi, memiliki kilau mata yang cerah, dan memiliki kepala yng panjang dan tubuh terlihat tegap. Dan ketika di pegang, maka akan terasa bertenaga, yang menandakan burung tersebut aktif.

  1. Pilihlah Merpati Yang masih Muda

Untuk hal ini merupan hal yang penting untuk di perhatikan, karena ketika burung merpati yang sudah memiliki umur yang sudah tua, maka tingkat produktifitasnya menjadi menurun, terutama dalam kualitas terbang, kesehatan yang mudah dan sering terkena penyakit. Dan meskipun terlanjur anda memiliki burung merpati tua, maka tidak akan bisa lama bertahan hidup.

Ciri-ciri burung merpati yang tua adalah dengan memiliki paruh yang tidak kuat lagi, cenderung terlihat rapuh, tidak terlalu aktif.

Cara Merawat Burung Merpati Balap

burung merpati balap

Gambar burung merpati balap

Ketika hal tersebut sudah kalian perhatikan dan diterapkan, maka untuk selanjutnya adalah dengan merawat burung merpati memiliki kualitas terbang yang baik, terutama bagi kalian yang ingin mengikut lombakan.

  1. Pemberian Vitamin dan Latihan

Untuk membuat burung merpati menjadi lebih sehat, maka bisa dengan cara memberikan vitamin setiap harinya, dengan memiliki keaktifan yang baik, maka akan membuat burung menjadi aktif.

Dengan memiliki ke aktifan yang bagus, maka lakukan latihan terbang secara rutin, agar kemampuan dari burung merpati tersebut meningkat. Dan berikan waktu untuk beristirahat, agar tenaganya bisa puling kembali.

  1. Membersihkan kandangnya

Kebersihan kandang merupakan hal yang wajib dilakukan, karena dapat membantu dalam menjaga kesehatan burung itu sendiri. Karena ketika kandang kotor yang di sebabkan oleh sisa makanan yang membusuk dan juga kotoran dari burung tersebut, dapat mengundang bakteri dan dapat membuat burung merpati terkena penyakit.

  1. Memandikan Burung merpati

Kesehatan dari burung merpati juga bisa didapat dengan cara memandikan burung merpati, dan membuatnya menjadi lebih segar dan juga menjadi lebih aktif. Selain itu, dapat membersihkan bulu dari burung merpati yang kotor dan membersihkan bakteri yang menempel.

  1. Pemberian pakan

Biasanya, ketika banyak orang memberikan pakan untuk burung merpati adalah pakan dari beras dan juga jagung. Namun untuk mendapatkan kesehatan dan kelengkapan gizinya, maka bisa dengan memberikan pakai lainnya yang mungkin belum pernah kalian berikan.

Pakan berkualitas yang dapat memberikan pakan untuk membuat burung merpati menjadikan lebih aktif dan memiliki terbang yang lebih baik, seperti beras merah, gabah,jagung, ketan hitam dan pakan dari biji-bijian lainnya agar nutrisinya tercukupi dengan lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *