cara merwat burung gelatik batu

Cara Merawat Burung Gelatik Batu/Wingko Agar Rajin Berkicau

Posted on

Burung gelatik batu atau burung gelatik wingko memiliki bentuk tubuh yang mungil dan memiliki burung yang sangat kontrak memiliki kemampuan berkicau, sehingga burung tersebut sering digunakan sebagai burung masteran atau burung lomba,

Selain kemampuan berkicau yang sangat baik, burung ini juga memiliki keunggulan lainnya, seperti mudah di jinakan dan mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Ya, mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan mudah jinak merupakan modal untuk membuat burung mudah untuk berkicau ketika di pelihara.

Jadi, dalam hal perawatannya cukup mudah untuk dilakukan, dengan mengatur pola pakan dan perawatan harian untuk mendukungnya menjadi rajin berkicau.

Cara Merawat Burung Gelatik Batu

Namun, terkadang dalam hal merawat burung gelatik wingko, bagi seorang pemula belum mengetahui tentang cara perawatannya, seperti tidak mengetahui jumlah pakan yang harus di berikan, memandikan, durasi penjemuran dan perawatan lainnya yang cocok untuk di terapkan pada gelatik wingko tersebut.

  1. Pakan harian Gelatik Wingko

Pakan merupakan hal penting untuk membuat gelatik wingko menjadi gacor, karena selain untuk memenuhi gizinya, pakan tertentu dapat meningkatkan birahinya, sehingga burung semakin rajin berkicau.

download suara burung

  • Berikan kroto sebanyak 1 sendok teh ketika burung di embunkan dan ½ sendok teh ketika burung selesai di jemur
  • Berikan 2 ekor ulat hongkong ketika burung di sembunkan saat pagi hari dan 1 ekor setelah burung di jemur
  • Berikan 2 ekor jangkrik ketika burung selesai dijemur
  • Ulat hongkong diberikan sebanyak 3 ekor ketika sore hari
  1. Perawatan harian Gelatik Batu

Selain pakan, untuk mendukung burung menjadi semakin rajin berkicau dan aktif, maka ketika pagi hari burung di berikan aktifitas lewat perawatan harian yang dilakukan oleh pemiliknya, seperti :

  • Lakukan pengembuan setiap hari sebelum matahari muncul, agar burung merasa semangat dan segar sepanjang hari sambil memberikan pakan yang telah di sampaikan di atas
  • Setelah cukup di embunkan dan matahari sudah muncul, maka burung di mandikan dengan cara menyemprot halus
  • Setelah burung dimandikan, maka di jemur selama 2 jam agar bulunya kering kembali
  • Setelah kering, burung di angin-anginkan sambil memberikan pakan seperti yang telah di sampaikan di atas
  • Ketika burung beristirahat pada siang dan sore sore, burung dimaster dengan menggunakan suara burung gelatik untuk masteran
  • Dan ketika malam hari burung di krodong

Nah, demikianlah cara merawat burung gelatik wingko yang bisa kalian coba terapkan pada burung gelatik batu kesayangan anda agar rajin berkicau.