cara merawat burung branjangan

Cara Merawat Burung Branjangan Agar Cepat Gacor

Posted on

Burung branjangan memiliki peranan yang ikut meramaikan dunia kicau yang cukup peminatnya dari kalangan kicau mania, karena memang setiap burung memiliki ciri khas yang di miliki dan ciri khas dari burung branjangan memiliki daya tarik tersendiri, yang ketika saat berkicau bisa sambil terbang di tempat yang tentunya jarang dimiliki oleh banyak burung lainnya, kecuali burung kolibri .

Selain dari kicauan khasnya yang dimiliki oleh burung Branjangan, akan tetapi jenis burung ini juga memiliki karakterisitik yang penting untuk di ketahui oleh para kicaumania, karena nantinya untuk perawatan burung itu sendiri akan di sesuaikan. dan menjadi salah satu kelemahan burung branjangan rawan mengalami stress, dan hal ini menjadi hal awal untuk di perhatikan bagi para pemiliknya.

Namun, dengan melakukan perawatan yang rutin tentunya akan membuat burung menjadi sehat, aktif dan juga rajiin untuk berkicau.

Akan tetapi , sebelum kita membahas tentang cara merawat burung Branjangan, maka sebelumnya, temen-temen kicau mania ketahui agar mendapatkan hasil yang terbaik untuk burung kicauannya.

Karakteristis Burung Branjangan

Dari setiap daerah yang ada di Indonensia, burung branjangan memiliki sebutan nama yang berbeda-beda, dan bisa temen-temen dapatkan di pasar burung yang memiliki harga yang relative murah.

Ada dua jenis burung yang banyak orang ketahui yang bisa berkicau sambil terbang di tangkap, seperti burung hummingbird atau kolibri dan juga burung branjangan ini.

Burung branjangan memiliki bentuk tubuh yang kecil yang hanya bisa mencapat 10 sampai 14 cm, yang menjadikannya memiliki karakter yang sangat aktif dan memiliki kemampuan terbang dengan cepat dan juga ketika mau ditangkap membuatnya sulit untuk di dapatkan.

Habitat Burung Branjagan

 Burung branjangan penyebarannya biasa ditemukan di sekitar Afrika dan asia tenggara dan untuk di Indonesia itu sendiri, burung branjangan biasa ditemukan di Kalimantan selatan, nusa tenggara dan juga irian papua.

Burung branjangan biasa hidup di alam liar di sekitar hutan atau pegunungan, menyukai hidup di tanah dan pepohonan untuk mencari makanan, dan juga tempat yang banyak rumput.

Cara Merawat Burung Branjangan Agar Cepat Gacor

gambar burung branjangan

Untuk mengeluarkan kicauan terbaik dari burung branjangan, tentunya perawatan harian perlu untuk di lakukan, seperti mandikan, pemasteran dan juga hal-hal lainnya untuk mendorong burung tersebut rajin untuk berkicau.

  1. Kandang Burung Branjangan

Burung branjangan merupakan jenis burung yang sangat aktif, dan tentunya hal tersebut akan tidak terbiasa hidup di dalam kandang, apalagi burung tersebut baru di tangkap dari hutan. Untuk membuatnya merasa betah di kandang meka membutuhkan sangkar yang sukup untuk membuatnya menjadi aktif dengan dilengkapi dengan tangkaran di dalam kandang tersebut. Untuk menghindari burung menjadi stress dan membuatnya menjadi nyaman.

  1. Memandikan Burung Branjangan

Setiap burung membutuhkan mandi dalam perawatan hariannya, akan tetapi memang setiap burung memiliki jumlah yang berbeda-beda, ada yang bisa dimandikan pada malam dan ada juga tidak boleh di mandikan pada malam hari. Untuk memandikan burung Branjangan, maka bisa dilakukan di 2 waktu, seperti pada pagi hari jam 7 dan juga sore hari pada jam 3 sampai 4 sore.

Mandikan burung tentunya memiliki banyak manfaatnya, seperti membuat burung menjadi segar bugar, sehat dan membuat bulunya menjadi bersih dari kuman.

  1. Menjemur Burung Branjangan

Biasanya banyak para pemilik burung suka menjemur di pagi hari setelah di mandikan, dibandingkan menjemurnya pada sore hari, karena memang matahari pagi hari sangat baik untuk kesehatan burung.

Jika, kalian lebih memilih menjemurnya di pagi hari, maka bisa memandikan burung pada pagi hari, saat jam 7 dan jemur selama 1 sampai 2 jam setelahnya.

  1. Pemasteran

Pemasteran burung branjangan memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas kicauannya dan juga menambah materi suara kicauannya menjadi lebih vareatif.

Untuk melakukan pemasteran burung branjang, maka bisa dilakukan pada saat di jemur atau juga bisa dilakukan pada malam hari. Akan tetapi sebaiknya burung branjangan di di krodongkan terlebih dahulu, agar bisa focus pada suara kicauan yang diperdengarkan.

Ketika burung branjangan sudah memiliki suara yang ngekek dan juga gacor, maka bisa digunakan juga untuk memasteran untuk burung lainnya, seperti burung pleci, prenjak dan jenis burung lainnya.

  1. Pakan Burung Branjangan

Setelah melakukan perawatan pada penjelasan di atas dengan rutin, maka untuk mendapatkan kualitas dari burung tersebut, maka perlu di dukung dengan pemberian pakan yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Adapun makanan yang bisa diberikan pada burung branjangan, maka bisa di berikan pakan dari biji-bijian dan juga Ekstra Fooding, seperti ulat hongkong, kroto,jangkrik dan berbagai macam jenis serangga kecil lainnya.

Dengan melihat Cara Merawat Burung Branjangan Agar Cepat Gacor, karakteristik dan juga habibitat ny, maka sekarang temen-temen kicaumania sudah bisa memprakterkannya di rumah untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari burung tersebut.