Cara Menjinakan Burung Murai Batu Yang Liar dan Giras Dengan Mudah

Posted on

Kicauan yag indah yang dimiliki murai batu yang terlatih tentunya dilakukan dengan cara latihan yang rutin yang di dukung dengan factor lainnya.

Bagi yang memiliki burung murai batu yang giras, terlebih temen-temen kicaumania dapatkan dari alam liar, tentunya mememiliki kesulitan tersendiri, boro-boro bisa dilatih, didekatin saja sudah loncat-loncat dan menubruk-nubruk kandangnya. Apapun awalnya berasal dari murai batu dewasa atau anakan yang giras, pastinya memiliki sifat yang sama ketika belum jinak.

Girasnya murai batu yang dimiliki seseorang, terkadang membuat si pemilik tersebut kesal dan malas untuk mengurusnya dan memilih menjual atau menukarnya dengan murai batu yang jinak dan nurut.

Namun, bagi temen-temen yang pengen mengetahui caranya, maka sudah berada di tempat yang benar karena sebentar lagi burung kesayangan anda akan menjadi nurut dan jinak.

Cara Menjinakan Burung Murai Batu

Nah, dengan melihat seperti itu tentunya hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah bagaimana cara menjinakan murai batu tersebut sebelum melatihnya.

Anggap saja murai batu yang anda miliki sekarang tadinya memiliki tempat yang berbeda, entah itu di alam liar atau tadinya di urus oleh orang lain dengan cara yang tidak tepat.

  1. Membiasakan Burung murai batu

Hal yang pertama yang harus kicau mania pahami adalah tentang membiasakan burung murai batu terbiasa terlebih dahulu dengan lingkungan sekitar anda. Karena, hal tersebut merupakan hal yang normal saja, mungkin burung tidak suka dengan sangkar yang kecil yang tadinya hidup di alam bebas, lingkungan tempat tinggal anda terlalu berisik dan juga pengaruh yang lainnya.

Jadi, jangan terburu-buru untuk menyimpulkan burung tersebut sulit untuk di jinakan, akan tetapi itu merupakan sebuah proses utuk menyesuaikan diri dan nantinya bisa dengan sendirinya terbiasa dan nyaman.

Biasakan burung di gantang ditempat depat rumah yang cukup ramai untuk dilalui banyak orang. Untuk pertama kali, mungkin murai batu akan tidak nyaman dan loncat-loncat, tapi hal itu biasanya, dan nantinya akan capek sendiri dan berhenti dan diam.

 

  1. Hindari dari Hewan pengganggu

Jauhkan dari hewan yang dapat menakutkan murai batu, salah satunya kucing atau hewan predator lainnya yang dapat memangsa burung kicau anda tersebut.

Ketika hewan pemangsa tersebut dapat membuat murai batu menjadi ketakuatan dan membuatnya menjadi loncat-loncat dan menabrak-nabrak kandang, maka akan membuatnya semakin liat dan giras ketika didekati orang lain, termasuk pemiliknya sendiri.

 

  1. Memandikannya

Memandikan bisa di bilang cara yang wajib untuk dilakukan dalam menjinakan murai batu, karena banyak para kicau mania yang sudah melakukan cara ini dan berhasil menjinakannya.

Untuk memandikan murai batu, bisa dengan cara menyemprotkan dari luar kandang ke dalam sangkar yang berisi murai batu temn-temen. Atau bisa dengan cara mengluark

Artikel Terkait