cara merawat burung perkutut

Cara Memelihara Burung Perkutut Agar Cepat Berbunyi

Posted on

Siapa sih yang tidak tau dengan jenis burung kicauan yang satu ini ? dari jaman dahulu hingga saat ini burung perkutut memiliki peminat tersendiri yang seolah tidak padam dari masa kemasa.

Suara indah dan rajin berbunyi membuat para pecinta burung ini menjadi daya tarik tersendiri banyak yang orang sukai.

Kicauan yang indah dan rajin berbunyi tentunya perlu dilakukan cara yang rutin dalam perperlakukan burung perkutut, sehingga menjadi gacor.

Meskipun banyak orang susah melakukan tip untuk merawat burung perkutut, akan tetapi tidak semua orang bisa mendapatkan kicauan yang indah dari burung ini dan mungkin anda salah satu orang yang gagal dalam merawat burung perkutut ini.

Cara Memelihara Burung Perkutut Agar Cepat Berbunyi

Ya, untuk mendapatkan suara yang indah dari burung perkutut tidak datang begitu saja, maka di butuhkan cara yang lengkap yang bisa diterapkan oleh siapa saja dengan mudah, sekalipun bagi seorang pemula, seperti pada penjelasan dibawah ini.

  1. Menjaga kesehatan Burung Perkutut

Banyak factor yang memiliki pengaruh dalam menjaga kesehatan burung perkutut ini, dan jika tanda-tanda burung perkutut anda sehat, bisa di lihat dari aktifnya bergerak dan juga rajin mengeluarkan suara yang indah.

Namun, jika burung perkutut anda jarang bersuara dan jarak aktif bisa jadi burung peliharaan sedang sakits. Dan sekarang sudah tau betapa pentingnya menjaga kesehatan burung, karena dapat membuatnya menjadi rajin berbunyi.

  1. Membersihkan kandang

Kandang merupakan tempat dimana burung perkutut tinggal. Artinya ketika kebersihan dapat terjaga dengan baik, maka berbagai penyakit atau bakteri yang ada dalam kandang bisa jauh, dan membuat burung terjaga pula kesehatannya.

Namun, jika kandang kotor, entah itu disebabkan oleh menumpuknya kotoran di kandang, sisa makanan yang jatuh hingga membusuk, maka bisa mengundang berbagai macam penyakit dan bakteri datang kedalam kandang atau sangkar burung dan tentunya memiliki banyak peluang burung peliharaan menjadi sakit.

  1. Memandikan Burung Perkutut

Sama seperti manusia, burung perkutut harus dimandikan. Karena manfaat dari memandikan burung dapat membantu membuatnya menjadi segar dan fresh dan nantinya lebih terlihat aktif dan membuatnya mau mengeluarkan kicauan indahnya.

Namun, yang paling penting adalah, ketika burung dimandikan, terutama dengan menggunakan air anti bakteri, maka dapat membantu dapat menghilangkan kotoran atau bakteri yang menempel pada bulu burung.

  1. Menjemur Burung Perkutut

Menjemurkan burung merupakan kebiasaan yang sehat untuk sebagian besar burung kicauan, karena matahari di pagi hari sangat bagus untuk kesehatan burung itu sendiri. Seperti vitamin D yang bisa didapatkan ketika menjemurnya di pagi hari,sekitar jam7 sampai jam 10 pagi setelah dimandikan.

  1. Memilih Burung perkutut

Cara memilih burung perkutut untuk di pelihara, terlebih untuk di ikut sertakan dalam perlombaan, maka bisa dengan memilih jenis kelamin pejantan, karena pejantan lebih rajin mengeluarkan suara gacor dan juga memiliki suara yang lebih baik dibandingkan suara kicauan betina.

  1. Berikan Tempat Yang nyaman

Setiap burung itu unik dan meimiliki tempat favorit tersendiri, termasuk burung perkutut inis. Secara umum tentunya jauhkaknlah burung perkutut dari gangguan yang menggangu kenyamanan burung perkutut itu sendiri. Seperti gangguan dari kucing, suara anjing yang menggonggong dan juga gangguan manusia yang membuatnya tidak nyaman.

  1. Pemberian pakan

Bagi para pecinta burung perkutut pemula biasanya bingung mau memilih jenis pakan apa yang akan diberikan pada burung peliharaannya tersebut dan terkadang membuatnya memberikan pakan yang asal ada, yang belum tentu burung perkutut tersebut mau untuk di konsumsi dengan suka.

Banyak jenis-jenis pakan yang bisa kicaumania.net berikan pada burung perkutut ini, seperti pakan dari biji-bijian seperti jagung , beras merah dan lain sebagainya. Atau bisa dengan memberikan pakan ektra food , seperti jangkrik, kroto, ulat hongkong, seranggga dan hewan kesukaan lainnya.

  1. Melatih Suara Burung Perkutut

Layaknya penyanyi, burung perkutut membutuhkan latihan untuk melatih suaranya menjadi lebih indah dan membuatnya menjadi suara yang lebih panjang lagi.

Untuk melakukan cara ini adalah guna untuk memberikan suara masteran, sehingga nantinya suara tersebut akan di tirunya dan membuatnya menjadi banyak suara yang indah, dan paling tidak dengan memperdengarkan suara masteran, dapat memicu burung perkutut agar mengeluarkan suaranya

  1. Pakan tambahan Kencur

Kencur memiliki manfaat yang dapat membantu suara burung perkutut memiliki suara yang nyaring, karena kencur ini memiliki manfaat yang dapat membantu menghilangkan lendir yang menghambat pada tenggorokan burung, dan membuat tenggorokannya menjadi lebih lega, dan tentunya membuat suaranya lancar ketika keluar.

Dengan melihat penjelasan di atas tentang cara memelihara burung perkutut agar gacor pada penjelasan di atas, saya rasa kicaumania tidak lagi mengalami kesulitan dalam merawat dan menjadikan kualitas burung menjadi lebih baik dari waktu kewaktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *