cara merawat burung jalak kebo

Cara Memelihara Burung Jalak kebo Agar Cepat Gacor

Posted on

Seperti burung kicau yang lainnya, jalak kebo memiliki kelebihan seperti pada burung lainnya, terutama dalam hal memelihara jalak kebo ini.

Untuk mendapatkan kicauan yang indah dari jalak kebo, di haruskan untuk melakukan tahapan dan perlakuan yang tepat untuk jalak kebo, sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai keinginan pemilik burung tersebut.

 

Jenis apapun burung yang dimiliki sekarang, maka melakukan perawatan yang rutin untuk mendapatkan kicauan yang indah, terutama bagi temen-temen kicaumania yang akan mengikuti lomba kicau untuk burung yang dipeliharanya merpakan hal wajib untuk dilakukan.

 

Sebelum mengetahui tentang cara memelihara burung jalak kebo, maka di perlukan tentang memahami burung itu sendiri secara alami, agar nantinya para kicaumania tidak terlalu kesulitan ketika melakukannya.

  1. Habitat Burung jalak kerbau

Salah satu yang unik dari jenis  burung jalak yang satu ini adalah memiliki nama kerbau di belakangnnya. Alasan kenapa burung jalak tersebut dinamai  jalak kebau adalah kebiasaan burung tersebut selalu mendekati kerbau. Dimana dari sana ada simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan.

Hewan kerbau dan burung jalak ini memiliki kebiasaan yang saling menguntungkan, dimana burung jalak akan memakan serangga atau yang ada di tubuh kerbau, dan membantu membersihkan tubuh dari kerbau itu sendiri dan membuat kerbau tidak terganggu atas keberadaannya di tubuhnya tersebut.

 

Namun selain itu ketika burung jalak kebo berada di tubuh hewan kerbau, maka akan menghindari predator dari burung jalak kebo tersebut, seperti alap-alap kawah.

  1. Kicauan burung jalak

Kicauan yang dimiliki dari jenis jalak ini memiliki keunikan tersendiri, karena ketika sedang melakukan kicauan maka suka sambil manganngkat bulu dikepalanya sambil menganggup-nganggukan kepalanya. Dan yang bikin uniknya adalah jalak kebo tertentu bisa berceloteh beberapa suara yang diajarkan oleh pemilik burung,meskipun tidak sebaiknya burung beo.

  1. Jenis jalak kebo

Jalak kebo dibedakan dengan 2 jenis, dimana keterampilannya memiliki keunikan tersendiri, seperti jalak kebo irirs mata putih dapat menirukan suara manusia, sedangkan jalak kebo iris mata kuning lebih pandai untuk menirukan suara sekitar atau jenis burung lainnya.

Cara Memelihara Burung jalak kebo

Nah, jika pada penjelasan di atas tadi sudah temen-temen ketahui, maka selanjutnya bisa dengan menerapkan cara di bawah ini untuk memelihara jalak kebo dengan mudah dan simple untuk dilakukan secara rutin.

  1. Perhatikan Pakan jalak kebo

Setiap burung memiliki jenis pakan tersendiri yang biasa konsumsi atau yang palin disukai. Karena ketika salah memilih makanan yang dikonsumsi dan akhirnya tidak mau dimakan oleh jalak kebo.

Makanan yang biasa dikonsumsi oleh jalak kebo adalah kroto, jangkrik dan makanan lainnya atau temen-temen bisa membaca artikel lainnya terkait, makanan jalak kebo.

  1. Perawatan pagi hari

Untuk melakukan perawatan di pagi hari , bisa dengan cara menangkarkan terlebih dahulu di halaman depat rumah anda, untuk mendapatkan cahaya matahari.

Sesudah beberapa waktu sekitar 10 atau 15 menit atau sesempatnya temen-temen, lalu mulai dengan memandikan jalak kebo, sambil mengganti makanan dan minuman yang ada di dalam kandang.

Setelah waktu mandi selesai maka diamkan terlebih dahulu ditempat teduh untuk di angin-anginkan dan stelah itu jemur hingga jam 10 siang. Dan berikan pakan jangkrik atau pakan lainnya semasa diangin-anginkan tersebut.

  1. Perawatan Siang Hari

Pada saat melakukan penjemuran hingga jam 10 siang, maka selanjutnya adalah dengan memindahkan jalak kebo ke tempat teduh hingga jam 3 sore.

  1. Perawatan Sore/malam hari

Setelah selesai di simpan di tempat teduh, jalak kebo bisa dimandikan kembali pada jam 3 sore dan lakukan cara seperti dilakukan di pagi hari, dengan memberikan pakan pakan jangkrik dan juga menganti air yang ada di dalam kandang.

Nah, berikut adalah tips kicaumania Indonesia yang bisa di coba lakukan dirumah dengan mudah untuk mendapatkan suara burung yang gacor dan indah.

Artikel Terkait

2 thoughts on “Cara Memelihara Burung Jalak kebo Agar Cepat Gacor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *