cara memaster burung lovebird

Cara Memaster Burung Lovebird Biar Ngekek Panjang dan Bervareasi/Isian

Posted on

Burung lovebird terkenal dengan suara ngekeknya, dimana suara ngekek tersebut menjadi ciri khas burung itu sendiri, semakin ngekek dengan durasi panjang, maka pecinta lovebird mania akan tertarik.

Akan tetapi, bukan hanya durasi ngekek saja yang menjadikan pecinta lovebird lihat, memiliki suara vareasi kicauan atau suara isian menjadi salah satu hal yang menjadi daya tariknya.

Karena ketika sudah masuk lomba, biasanya ada 2 penilaian yang di lihat oleh juri lomba, seperti burung sering berkicau, memiliki banyak vareasi kicauan dan ngekek panjang.

Cara Memaster Burung Lovebird

Namun, untuk mendapatkan burung lovebird memiliki durasi ngekek panjang dan vareasi kicauaun yang baik, tentunya tidak harus menunggu burung itu sendiri mau berkicau, perlu perawatan yang harus dilakukan, sehingga burung bisa menampilkan kicauan terbaiknya, yaitu melakukan mastering.

Agar burung bisa di master dengan baik, maka perhatikan beberapa hal penting di bawah ini.

  • Burung masih anakan, karena suara masterannya lebih mudah masuk
  • Memaster lovebird menggunanan suara Mp3
  • Memaster burung dengan burung sejenis

Untuk melakukan mastering pada lovebird, bisa kalian pilih sesuai minat dan kebutuhan, seperti :

  • Menggantang burung yang akan di master di dalam ruangan dengan 2 burung lovebird masteran
  • Gunakan suara masteran cukup 2 sampai 3 jenis suara saja ketika melakukan masteran, ketika burung sudah bisa menirukannya, maka ganti dengan jenis suara masteran lainnya
  • Sering mendekatkan burung yang akan di master di dekat burung lovebird masterannya ketika di tempatkan dimana saja

Untuk durasi lama atau sebentar dalam proses masteran itu tergantung burung itu sendiri dan cara yang dilakukan.

Terutama ketika memutar suara masteran lewat Mp3, perlu meyesuaikan volume suara, lingkungan dan kondisi burung.

download suara burung

Sehingga ketika burung sedang di master, lovebird bisa mendengarkannya dengan fokus.

Lihat Juga : Kunci Penting Dalam Memaster Burung

Suara Masteran Untuk Lovebird

Agar burung lovebird bisa berkicau dengan vareasi atau memiliki suara isian, maka selain bisa menggunakan suara lovebird itu sendiri, bisa menggunakan suara burung lainnya.

Namun, untuk menggunakan suara masteran, sebaiknya gunakan suara burung masteran yang memiliki karakter suara seperti lovebird, seperti burung cililin, ciblek dan lain sebagainya.

Namun, tetap ketika melakukan masteran, sebaiknya lakukan dengan cara bergantian, misalkan untuk 3-4 minggu memasternya dengan suara ciblek, jika burung sudah hafal dengan irama kicaunnya, maka gunakan suara lainnya, misalkan burung cililin.

Untuk memilih suara masteran untuk lovebird, bisa menggunakan suara burung ini :

  • suara tajam dan nyaring yang dimiliki oleh burung cililin yang membuat burung tersebut terlihat istimewa. Begitu juga bisa di tirukan oleh lovebird peliharaan anda memiliki suara yang nyraing dan tajam. Untuk Suara Burung cililin masteran bisa dilihat halaman ini : Suara Masteran Burung Cililin .
  • Burung kenari memiliki suara irama kicauan yang bervareasi, yang baik di gunakan untuk memaster lovebird agar memiliki irama yang lebih bervareasi pula . LIhat : Download Suara Burung Kenari .
  • Suara rapat dan tajam yang bisa dikeluarkan oleh burung tengkek baik untuk dimiliki oleh lovebird dengan cara memasternya . LIhat : Suara Burung Tengkek .
  • Suara khas besetan dari burung cucak jenggot, bsia dijadikan alternatif untuk meningkatkan vareasi suara lovebird. Lihat : Suara Burung Cucak Jenggot .