burung kacer ngeruji

Cara Mengatasi Burung Kacer Ngeruji Agar Normal Kembali

Posted on

Burung kacer memiliki gaya yang terlihat elegan, dengan berbagai macam keistimewaan yang bisa dikeluarkan, seperti suara yang keras, suara kicauan yang bervareatif, terutama burung kacer saat bergaya ngobra.

Namun, dari kelebihan yang dimiliki oleh burung kacer, terkadang ada beberapa permasalahan yang timbul dalam melakukan perawatannya, seperti burung ngeruji.

Ngeruji pada burung kacer merupakan perilaku yang bisa di bilang tidak baik, karena dapat menurunkan performa burung itu sendiri, terutama kemampuan berkicaunya.

Istilah ngeruji itu sendiri merupakan perilaku yang dimana burung memiliki kebiasaan menempelkan tubuhnya pada jeruji sangkarnya.

Cara Mengatasi Burung Kacer Ngeruji

Karena perilaku ngeruji pada burung kacer merupakan hal yang tidak baik, maka sebagai pemilik burung jangan membiarkannya berlarut-larut terlalu lama, dan lakukan penanganan segera, agar burung kacer pulih kembali.

Hal yang umum terjadi yang menyebabkan burung kacer menjadi memiliki perilaku ngeruji adalah ketika burung memiliki birahi yang terlalu tinggi ( Over Birahi ) , dan salah satu penyebab kacer birahi adalah dengan pemberian pakan yang mengandung protein yang terlalu berlebihan.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Burung Kacer Over Birahi

download suara burung

  1. Durasi Mandi di tambahkan

Untuk mengatasi burung kacer yang sering ngeruji, maka mandi solusi yang tepat untuk dilakukan. Maka setiap harinya burung dimandikan pagi hari, dan durasinya ditambahkan, atau bila perlu sesekali mandikan kacer pada malam hari, namun perhatikan juga kondisi cuacanya.

  1. Kurangi Ekstrafooding

Seperti yang telah di sampaikan pada penjelasan di atas, penyebab kacer ngeruji salah satunya di sebabkan oleh birahi berlebih, dan kandungan pakan tinggi akan protein dapat meningkatkan birahi burung, sehingga untuk pemberian pakannya di kurangi dari jumlah yang biasa di berikan, hingga kondisi burung kembali seperti biasanya.

  1. Pakan alternatif

 Karena asupan pakan dari ekstrafooding di kurangi, maka sebagai gantinya, berikan asupan pakan tambahan lainnya, seperti pepaya, pisang, dan berikan juga cacing tanah beberapa kali, karena meskipun memiliki kandungan yang cukup tinggi, cacing tanah memiliki sifat yang dingin ketika dikonsumsi oleh burung.

  1. Jemur dikurangi

Penjemuran juga bisa meningkatkan birahi burung kacer, maka dari itu semasa perawatan ini, durasi jemur pada burung kacer di kurangi dan hanya menjemurnya selama 20 sampai 30 menit, dan bila perlu jangan di jemur terlebih dahulu hingga pulih kemabali.

Demikianlah penjelasan kali ini kami bagian ke rekan-rekan kacermania untuk mengatasi permasalahn burung kacer yang kerap ngeruji agar burung menjadi pulih kembali.