burung lovebird macet bunyi

Cara Mengatasi Burung Lovebird Macet Bunyi Agar Ngekek Kembali

Posted on

Suara ngekek yang mampu di keluarkan oleh lovebird atau biasa di sebut juga burung lakbet bukanlah hal yang mudah untuk di dapatkan dalam waktu yang singkat, perlu waktu yang lama untuk mendapatknnya.

Ngekek panjang menjadi salah satu keistimewaan burung tersebut, sehingga banyak para pecinta lovebird beranggapan, bahwa ketika lovebird mampu ngekek dalam durasi yang panjang di sebut memiliki kualitas kicauan yang baik,adapun karakter suara yang mampu di keluarkan oleh lovebird antara lain, seperti suara konslet, ngetik dan juga suara yang menirukan kicuan burung lainnya.

Namun , ketika ngekek panjang yang di dapat oleh lovebird tersebut tiba-tiba burung mengalami macet bunyi, dimana yang sebelumnya rajin untuk berkicau, tiba-tiba burung menjadi jarang untuk berkicau dalam waktu yang cukup lama. Dan tentunya ketika mengalami hal tersebut, dapat membuat pemilik burung menjadi kecewa karenanya.

Cara Mengatasi Burung Lovebird Macet Bunyi

Macet bunyi pada lovebird, bisa terjadi oleh beberapa penyebab, entah itu yang di sengaja atau juga di sengaja oleh pemiliknya karena tidak mengetahui perawatannya dengan tepat.

Pada dasarnya perawatan yang tidak atau tidak terurus menjadi salah satu hal yang menjadi penyebab burung lakbet menjadi macet bunyi, atau juga bisa disebabkan burung dalam keadaan sakit. Jika sakit menjadi penyebab lovebird macet bunyi, untuk menanganinya adalah dengan cara menyembuhnya terlebih dahulu, dan ketika burung sudah sembuh agar rajin berkicau kembali.

Baca Juga : Cara Merawat Lovebird Mabung Agar Cepat Selesai 

  1. Pengembunan

Pengembunan lovebird setiap hari untuk merangsang burung memiliki stamina yang bagus dan nantinya mau untuk berkicau kembali.

Simpan burung yang masih di krodong pada pagi-pagi sekali, setelah beberapa menit, buka krodongnya ketika burung sudah menyesuaikan dengan suhu lingkungannya.

  1. Mandi dengan Air Dingin

Mandikan lovebird dengan menggunakan sprei dengan menggunakan air dingin, air dingin tersebut bisa di dapatkan dari kulkas, atau air yang sudah di persiapkan sebelumnya yang di simpan di luar rumah ketika malam hari , sehingga suhu airnya menjadi dingin, Dan air yang sudah di persiapkan tersebut di pakai buat mandi untuk burung pada pagi hari setelah pengembuanan.

  1. Berikan Pakan yang Tepat

Berikan pakan dari millet putih dan jagung muda segar setiap harinya yang disediakan di dalam sangkar lovebird.

Selain itu untuk beberapa hari sekali berikan burung lovebird pucuk daun mengkudu yang masih muda atau bisa juga memberikan rebusan air sereh agar membuatnya agar terpancing untuk ngekek kembali.

Untuk membuat rebusan air sereh, bisa dengan merebus batang dari sereh itu sendiri di air yang sudah mendidih, hingga air tersebut berubah warnanya menjadi kemerahan, dan dinginkan setelahnya.

Berikan air rebusan sereh yang sudah dingin tersebut pada lovebird yang sedang macet bunyi sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

  1. Berikan Untulan atau pasangan

Macet bunyi pada lovebird bisa disebabkan oleh burung yang tidak memiliki pasangan yang setiap harinya sendiri. Berikan untulan atau pasangan agar membuatnya menjadi rajin untuk ngekek kembali jika itu penyebab lovebird macet bunyi.

  1. Suplementasi

Sekarang ini, banyak sekali produk-produk kesehatan untuk burung kicauan, seperti produk untuk mengatasi macet bunyi yang bisa di beli dari kios burung atau juga toko online. Biasanya banyak jenis suplemen yang tersedia yang bisa di beli sesuai dengan jenis penyakit yang di alami oleh burung.