burung unta

Burung Unta

Posted on

Burung Unta merupakan salah satu jenis burung terbesar di dunia, yang masih hidup sampai saat ini. Tingginya bisa mencapai 2,5 meter dengan berat badan mencapai 100 hingga 125 Kg. Burung ini termasuk burung primitif yang populasinya sudah semakin berkurang.

Mau tau lebih lanjut tentang burung besar yang satu ini ? Simak artikel ini sampai selesai yaa.. Karena akan ada pembahasan lengkap dan menarik lainnya seputar burung unta. Ini dia pembahasan selengkapnya.

Burung Unta

Burung unta memiliki nama ilmiah Struthio Camelus atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Ostrich. Burung ini merupakan jenis burung terbesar di dunia. Meskipun termasuk jenis burung dan memiliki sayap, namun burung unta merupakan jenis burung yang tidak bisa terbang.

Hal itu disebabkan karena ukuran tubuhnya yang besar sehingga membuatnya berat saat terbang. Kekuatan burung unta ada pada kecepatannya berlari. Saat berada dalam bahaya, burung ini akan mempertahankan diri dengan cara berlari. Kecepatan larinya bisa mencapai 70 km / jam.

Karena ukuran tubuhnya yang sangat besar, burung ini tidak bisa dimasukkan ke dalam sangkar seperti burung burung lain pada umumnya. Kandangnya berbentuk hamparan tanah terbuka, dan luas seperti pada habitat aslinya yaitu savana.

Habitat Burung Unta

Habitat asli burung unta adalah di daerah padang pasir atau savana. Tak heran jika burung ini banyak ditemui di negara Afrika dan Asia Timur. Karena disana terdapat banyak padang pasir, tempat hidup burung besar ini.

Burung unta termasuk burung yang sangat menyukai air, tetapi ia tetap bisa bertahan hidup tanpa air dalam jangka waktu yang lama. Hal inilah yang membuat mereka bisa hidup dan bertahan di padang pasir yang gersang.

Makanan Burung Unta

Burung Unta termasuk hewan omnivora atau pemakan segalanya. Burung ini biasanya memakan tumbuhan, sayur, kedelai dan mereka juga memakan sesama hewan, misalnya ular, kadal, ayam, serangga, dan hewan hewan lainnya.

Pemanfaatan Burung Unta

Burung unta biasanya dimanfaatkan oleh para peternak untuk diambil bulunya dan dipakai untuk memenuhi kebutuhan fashion. Selain bulunya, para peternak juga biasanya mengambil telur dan daging burung ini untuk dimakan karena rasanya yang sangat enak.

Telur burung ini berwarna putih agak krem dan berukuran sangat besar. Panjangnya bisa mecapa 16 cm dan beratnya mencapai 1,5 hingga 2 Kg. Rasa telur burung unta sangatlah enak serta memiliki ukuran kuning telur yang besar.

Daging burung besar ini berwarna merah seperti buah cherry. Rasanya hampir sama dengan daging sapi, tetapi lebih rendah lemak dan tinggi zat besi, kalsium serta protein.

Karakteristik Burung Unta

Burung unta memiliki beberapa karakteristik yang membedakan dirinya dengan burung lain. Karakteristik tersebut antara lain :

  1. Suka hidup dalam kelompok yang besar

Karakteristik pertama dari burung ini adalah suka hidup dalam kelompok besar. Ya, burung unta biasanya hidup, mencari makan dan berinteraksi dengan kawanan satu kelompoknya. Satu kelompok biasanya berisi 10 hingga 50 ekor.

  1. Bisa berbagi tempat pengeraman telur

Burung unta sudah terbiasa berbagi tempat pengeraman telur bersama kawanannya. Namun hebatnya, mereka tahu telur mana yang milik mereka. Jadi tidak akan tertukar dengan telur milik kawanannya yang lain.

  1. Lebar bentangan sayapnya mencapai 2 meter

Burung ini memiliki sayap yang besar dan berbulu lebat, dan jika dibentangkan panjangnya bisa sampai 2 meter. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, meskipun memiliki sayap, tetapi burung ini tidak bisa terbang.

Fungsi sayap pada burung unta adalah untuk mengendalikan diri saat ia berlari dalam kecepatan tinggi. Dengan sayapnya, burung ini mampu berbelok, berhenti, dan berbalik arah saat sedang berlari.

  1. Ukuran bola mata lebih besar dari otaknya

Karakteristik yang selanjutnya adalah ukuran bola mata. Burung yang besar ini ternyata memiliki ukuran bola mata yang lebih besar dari ukuran otaknya.

Ukuran bola mata burung ini memiliki diameter 5 cm, sedangkan otaknya lebih kecil dari itu. Hal ini lah yang membuat burung unta sering dikatakan sebagai burung yang bodoh karena ukuran otaknya yang kecil.

  1. Memasukkan kepalanya ke dalam tanah saat terancam

Burung unta sering melindungi dirinya dengan cara memasukkan kepalanya ke dalam tanah saat ia berada di posisi terancam.

Ciri-Ciri Burung Unta

Kali ini kita akan sajikan beberapa ciri ciri burung unta yang bisa dilihat dari fisiknya. Sehingga kamu bisa lebih memahami dan mengenal burung besar yang satu ini. Ini dia ciri cirinya :

  1. Memiliki leher yang panjang

Ciri fisik pertama yang paling terlihat dari burung ini adalah lehernya yang panjang. Panjang lehernya bisa mencapai 1 meter. Lehernya yang panjang ini berfungsi untuk memudahkan burung saat melihat musuh, jadi mereka bisa mengamankan diri lebih cepat.

  1. Paruhnya lebar dan lancip

Paruh burung unta memiliki ukuran besar, lebar, lancip dan tidak bergigi. Meskipun tidak memiliki gigi, tetapi akan tetap sakit ketika tangan atau tubuh kita terkena paruh burung ini.

  1. Kakinya panjang

Burung unta juga memiliki kaki yang besar dan panjang. Kakinya ini berfungsi untuk berlari dan menendang musuhnya saat ia merasa terancam. Tendangan burung besar ini sangatlah kuat, jadi kamu harus berhati hati jika dekat dengan burung ini.

  1. Hanya memiliki 2 jari

Ciri fisik yang berikutnya bisa dilihat dari jumlah jarinya. Ya, berbeda dengan burung dan unggas lain yang memiliki 3 sampai 4 jari, burung unta hanya memiliki 2 jari saja. Dan ukuran kedua jarinya juga berbeda, yang satu sangat besar dan yang satunya lagi kecil.

  1. Warna bulu jantan dan betina berbeda

Untuk membedakan jenis kelamin burung unta terbilang sangat mudah, kamu bisa melihatnya dari warna bulu yang dimiliki. Burung jantan memiliki warna bulu hitam pekat, sedangkan betinanya memiliki bulu berwarna coklat hampir mirip seperti tanah di savana.

Keunikan Burung Unta

Burung unta juga termasuk burung yang sangat unik dan berbeda dari jenis burung lain pada umumnya. Beberapa keunikan dari burung ini antara lain :

  1. Sering memakan pasir dan kerikil

Ya, sistem pencernaan burung yang satu ini memang sangat unik. Dimana burung ini harus memakan pasir dan kerikil supaya sistem pencernaannya bisa mengolah makanan dan berfungsi dengan baik.

  1. Membuat sarang yang dalam untuk pengeraman telur

Saat burung betina akan bertelur, mereka para burung jantan mempersiapkan lahan dengan cara membuat lubang dalam tanah. Biasanya luasnya bisa mencapai 3 meter. Lubang ini berfungsi untuk menyimpan telur dan mengeraminya agar aman dari predator.

  1. Burung jantan ikut mengerami telur

Selain membuat sarang penyimpanan telur, burung jantan juga ikut mengerami telurnya. Telur burung unta biasanya akan dierami oleh betina dari pagi hingga sore hari.

Hal ini disebabkan karena bulu burung betina berwarna kecoklatan seperti tanah, sehingga para predator tidak akan samar samar saat melihat burung yang sedang mengerami telurnya karena warna bulunya hampir sama dengan tanah.

Dan di malam hari, telur burung akan dierami oleh si jantan karena memiliki warna bulu yang hitam pekat sehingga tidak akan terlihat oleh predatornya.

  1. Tidak bisa terbang

Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi, bahwa meskipun burung unta memiliki sayap, tetapi burung ini tidak bisa terbang seperti burung lainnya.

  1. Kecepatan berlari 70 km / jam

Meskipun tidak bisa terbang, bukan berarti burung unta lemah dan tidak bisa menghindar dari musuh. Burung ini justru memiliki keunikan yaitu memiliki kemampuan untuk berlari dengan cepat. Bahkan dinobatkan sebagai burung dengan kecepatan lari tercepat di dunia.

Saat berada dalam ancaman musuh, burung ini akan berlari dengan sangat cepat untuk melindungi dirinya. Kecepatan lari burung ini bisa mencapai 70 km / jam.

Peternakan Burung Unta di Indonesia

Di Indonesia adalah salah satu perusahaan peternakan burung unta yang besar dan sudah sukses menetaskan lebih dari 500 ekor burung dari telurnya. Perusahaan tersebut adalah PT Royal Timor Ostrindo. Perusahaan ini berlokasi di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

PT Royal Timur Ostrindo melakukan prosedur perawatan yang sangat baik terhadap burung unta yang dimilikinya. Perusahaan ini memiliki beberapa kandang dengan luas masing masing 1.500 meter untuk ditinggali 2-3 ekor burung.

Kandang yang ada disini juga disetting sedemikian rupa sehingga bisa sama seperti habitat asli burung ini yaitu padang pasir. Sehingga burung akan bisa hidup lebih nyaman dan tidak stress.

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap seputar burung unta. Mulai dari habitat, makanan, hingga keunikannya. Kita juga tadi sudah membahas sekilas tentang peternakan burung unta yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Pencarian terkait :

burung unta berasal dari

burung unta kartun

burung unta bahasa inggrisnya

burung unta dari benua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *