burung selendang biru

Burung Selendang Biru: Cara Merawat, Karakter, Makanan, Suara dan Harganya

Posted on

Bicara tentang burung memang tidak ada habisnya, karena banyak jenis burung yang cukup populer di Indonesia yang di sukai oleh kalangan kicaumania Indonesia, termasuk burung selandang biru.

Burung ini memiliki warna bulu dominan biru, dan inilah mengapa burung yang memiliki nama “burung selandang biru “.

Bicara tentang burung selendang biru, tentunya akan banyak informasi yang perlu untuk di ketahui, seperti karakter burung selandang biru, harga, cara perawatan, suara dan harganya yang sebentar lagi akan kalian ketahui dengan membaca penjelasan di bawah ini.

Ciri-ciri dan Karakter Burung Selendang Biru

Burung ini terbilang memiliki kemampuan berkicau yang merdu dan bervareatif, sehingga burung ini cocok digunakan sebagai burung masteran karena memiliki banyak irama kicauan yang disukai oleh kalangan kicaumania, terutama suara ngalun, naik turun irama suara kicauannya dan nyaring.

Ciri-ciri burung selendang biru, bisa dilihat dari warna bulu tubuhnya yang dominan biru, namun memiliki warna bulu putih yang ke abu-abuan di bagian paha hingga dadanya.

Untuk ciri fisik lainnya bisa dilihat :

  • Ukuran tubuhnya mencapai 16 cm
  • Bulu tubuh bagian atasnya bewarna coklat abu
  • Memiliki lingkar mata bewarna kuning kecoklatan

Asal usul Burung Selendang Biru

Burung seledang biasa hidup berkelompok menempati hutan sekunder dan primer, yang biasa ditemukan di kalimantan, sumatera dan pulau jawa.

Selain itu, burung selendang biru juga biasa ditemukan di dekat dengan sumber air, sedangkan ketika burung ini berkembang biak, tempat bersarangnya terbuat dari rumput dan daun kering di tempat yang tidak terlalu tinggi, tapi cukup tersembunyi ketika membuat sarang.

Makanan Burung Selandang Biru

Burung ini menyukai pakan dari serangga kecil dan juga pakan dari buah-buahan yang memiliki tekstur yang lembut.

Selain pakan dari buah-buahan dan serangga, akan tetapi ketika di pelihara di penangkaran, sebaiknya berikan pakan dari voer, untuk memenuhi kebutuhan gizi burung tersebut, seperti asupan protein, karbohidrat,serat, lemak dan lain sebagainya.

Untuk pakan yang bisa di berikan, diantaranya, jangkrik kecil, kroto, ulat hongkong, apel, pepaya, pisang dan pakan sejenis lainnya.

Cara Merawat Burung Selandang Biru

gambar burung selendang biru
gambar burung selendang biru

Dalam perawatan burung selendang biru tentunya yang menjadi tujuan dalam perawatannya adalah, bagaimana burung tersebut rajin untuk berkicau dan memiliki kesehatan yang baik, maka itu berikut adalah tips perawatan burung selendang biru yang bisa kalian terapkan pada burung peliharaan anda tersebut.

  1. Memandikan

Memandikan burung selendang biru memiliki manfaat unutk kesehatan burung menjadi selalu segar dan terhindari dari penyakit.

Untuk itu mandikan burung setiap harinya menggunakan sprey atau memasukan cepuk untuk mandi, agar burung mandi dengan sendirinya di dalam sangkar.

  1. Menjemur dan Pakan

Setelah dimandikan, tentunya burung perlu untuk di angin-anginkan sembil memberikan pakan kesukaannya, dan jemur sekitar 1 sampai 2 jam lamanya, sambil memberikan pakan kesukaannya.

Untuk pemberian pakan, sebaiknya berikan juga pakan dari voer, jika belum terbiasa mengkonsumsi pakan voer, maka bisa di ajarkan terlebih dahulu.

Untuk pemberian jangkrik cukup di berikan 4 sampai 6 ekor setiap harinya, yang diberikan pada pagi dan sore hari.

Ulat hongkong dan kroto cukup di berikan 2 kali sehari saja atau bisa juga dengan memberikannya cukup 2 kali dalam seminggu.

Harga Burung Selendar Biru

Jenis BurungHarga Burung Selendang Biru
Burung Selendang Biru Ngeriwik Umur 1 BulanRp = 200.000
Burung Selendang Biru Trotolan Umur 2 BulanRp = 100.000
Burung Selendang Biru Dewa Sahutan Umur 3 BulanRp = 35.000
Burung Selendang Biru Gacor Umur 4 BulanRp = 300.000
Burung Selendang Biru Mungil Umur 5 BulanRp = 300.000
Burung Selendang Biru/ Tledekan Laut Umur 3 BulanRp = 300.000

Nah, itu adalah kisaran harga burung selendang biru yang bisa rekan-rekan kicaumania lihat sebagai referensi jual beli.

Namun, harga tersebut bukan satu-satunya penentu harga, karena ada faktor lainnya yang membuat harganya bervareatif, seperti musim dan lain sebagainya.

Suara Burung Selendar Biru

Di bawah ini telah kami sediakan kumpulan suara burung selendar biru yang bisa kalian gunakan suara masteran atau suara pancingan burung lainnya agar ikut berkicau dalam Format Mp3.

Suara Burung Selendang Biru | Download

Suara Burung Tledekan Biru Gacor | Download

Suara Burung Selendang di Alam Liar | Download

Video burung seledang biru Gacor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *